Archive | galeri RSS feed for this section

Kaos Kemanapun Perginya Mampirnya di Masjid Aja

9 Dec

kaos BB

AYO PESAN SEGERA!
KAOS “Kemanapun Perginya Mampirnya di Masjid Aja” 

detail kaos :
kain cotton combed 30s warna biru tua
sablon rubber warna putih – oranye kekuningan
jahit rantai
Harga Rp 65000,-

Pemesanan sms ke 0857 2908 2978
Maksimal Pemesanan dan pembayaran 18 Desember 2013

Masjid-Masjid, Men! #1

2 Dec

Masjid-Masjid, Men! berkisah secara sekilas mengenai masjid-masjid yang digunakan untuk kegiatan FSRMY atau masjid yang menarik untuk diinformasikan.

oleh : @luthfanjundi

Alhamdulillah wa syukurilah.

Kali ini saya akan berbicara mengenai  beberapa waktu lalu saya survey masjid untuk digunakan sebagai tempat kajian FSRMY.

Setelah Sabtu lalu Kajian 2 Pekanan FSRMY dengan tema “Kemanapun Perginya Mampirnya di Masjid Aja” berlangsung di Masjid Wiwarajati Kecamatan Kraton, kajian berikutnya 2 pekan lagi di Kecamatan Kraton juga nih, yaitu di Masjid Condrokiranan. ya itungannya gak jauh dari Masjid Wiwarajati sih.

Masjid Condrokiranan ini belum pernah dipakai sebagai tempat Kajian 2 Pekanan FSRMY. Maka dari itu, kami memutuskan untuk survei dan mengambil gambar (memotret) masjidnya dari berbagai sudut untuk diinformasikan ke teman-teman yang sebelumnya belum tahu. Juga sebagai salah satu sarana publikasi kajian.

Waktu itu di pagi yang cerah, saya memilih untuk ngeluarin sepeda dan menggenjotnya (gowes) agar perjalanan terasa lebih nikmat dan bisa melihat pemandangan selama perjalanan dengan lebih detail.  Cus sekitar jam 5.30 berangkat dari rumah. Sebenernya udah ngajak teman buat ikut, tapi habis shubuh sms kalo sepedanya bocor. Sendiri deh. Well, tak apalah sendiri, tetep pancal!

Setelah melakukan genjotan selama ratusan kali akhirnya sampai juga di lokasi yang dituju, Masjid Condrokiranan. Ini dia penampakan masjidnya;

20131126_055312

Di mana lokasi Masjid Condrokiranan? Oke akan saya tunjukin jalannya menuju ke sana.

Tempat terdekat dari Condrokiranan yang cukup dikenal warga Jogja adalah Plengkung Wijilan. Okelah saya tunjukin mulai dari situ. Kalau belum tahu wujudnya, ini nih foto plengkung wijilan;

Sudah inget kan? Nah, dari plengkung wijilan ini ke selatan. Setelah melewati plengkung ini Anda akan mendapati banyak kedai gudeg di kanan-kiri jalan. Ini nih kedai-kedainya;

2013-11-26 06.01.28

Yak Anda akan melihat pemandangan gudeg seperti ini. Jangan kelamaan di sini ya, bisa lapar nanti. Sebelum lapar menghinggap, terus jalan aja sampai ada gang ber-paving block (konblok) di kanan (barat) jalan. Ada plang bertuliskan “Masjid Condrokiranan,” kayak gini nih;

20131126_060015

Kalo udah ngelihat gang ini jangan ragu, langsung belok aja masuk gangnya. Masuk gang mentok akan ada pelataran yang cukup luas. Nah, masuk aja di pelataran itu. Eits, sebelum masuk dicek dulu di depan pelataran ada papan nama kayak gini nih;

2013-11-26 05.57.47

Nah kalo udah bener, langsung masuk aja ke pelataran, ada masjid di sisi barat.

20131126_055435

Sampailah di Masjid Condrokiranan. Jadi masjid ini ada di dalam kompleks museum Sonobudoyo unit 2.

Begitu sampai di Masjid langsung memarkir sepeda dan mencoba masuk ke ruang utama masjid ini. Namun, sangat disayangkan pintunya dikunci oleh pengurus masjid, jadi gak bisa masuk. Padahal aku kan gak berniat nyuri karpet dan mikrofon *ceritanya nyindir*, cuma pengen ambil foto (motret) setiap sudut di dalam masjid. Oke, tak apalah, masih bisa ambil gambar (motret) objek di serambi masjid.

20131126_05481620131126_05504920131126_055532

Inilah spot-spot yang ada di Masjid Condrokiranan, walau hanya serambinya. Tiang hijau dengan sedikit ukiran itu yang bikin serambi masjid ini tampak elok.

Insya Allah pelaksanaan Kajian 2 Pekanan FSRMY di Masjid Condrokiranan ini pada Sabtu 7 Desember 2013 pukul 20.00 – 22.00 WIB dengan pembicara Kang Akmal Sjafril (@malakmalakmal), aktivis #IndonesiaTanpaJIL asal Bandung yang sedang berkesempatan ke Jogja. Beliau akan berbicara mengenai Pemuda, Masjid, dan Liberalisme. Ayo hadir dan jangan lupa ajak teman!

ini posternya!

liberal-1

Sekian dan demikian edisi 1 Masjid-Masjid, Men! ini, sampai jumpa di edisi 2 Masjid-Masjid, Men! Tentunya dengan masjid dan suasana yang berbeda.

Kajian 2Pekanan Bangkitnya Dakwah Kreatif

26 Sep

IMG-20130925-WA0004

Outbound Remaja Masjid Darussalam

2 Sep

Alhamdulillah, Allah karuniakan segala nikmat sehingga masih bisa meng-update blog ini lagi. *bersihin sawang*

Ahad kemarin (01/09/2013), FSRMY Trainer menjadi fasilitator outbound Remaja Masjid Darussalam Pujokusuman Mergangsan. Tempatnya di Gunung Api Purba Nglanggeran Gunung Kidul mulai dari pukul 10.00 hingga 17.00. Tantangan utama outbound kali ini tidak seperti outbound pada umumnya yang menggunakan banyak aktivitas permainan, tantangannya adalah menuju puncak Nglanggeran secara bersama-sama masing-masing kelompok. Walaupun begitu, tetap ada aktivitas menantang yang lain seperti flying fox dan rappling.

Berikut beberapa foto yang berhasil diambil di TKP.

2013-09-01 11.53.15 2013-09-01 15.14.34 2013-09-01 14.49.28 2013-09-01 14.43.14 2013-09-01 14.38.00 2013-09-01 14.32.39 2013-09-01 14.31.11 2013-09-01 14.28.14

 

Dari Masjid Kita Bangkit!

ALLAHU AKBAR!!!

Petualangan Baksos Qurban FSRMY 1433H

29 Oct

Sahabat Masjid Jogja- Alhamdulillah kemarin Sabtu dan Ahad 27-28 Oktober 2012 teman-teman remaja masjid yang tergabung dalam FSRMY baru saja meggelar Baksos Qurban di Plampang 3, Kalirejo, Kokap, Kulon Progo .

Pemberangkatan dimulai dari rumah mas Boddi di kawasan masjid Darussalam dengan dua armada mobil satu pick up dan beberapa motor.

Misi yang dibawa sahabat masjid kali ini adalah  mendistribusikan 2 Sapi dan 7 domba, ada juga baksos sembako yang isinya dari beras, minyak, teh, kopi, gula, mie goreng, mie rebus . Ada juga baksos pakaian layak pakai, layanan kesehatan gratis, out bond TPA dan pengajian Akbar .

Ane  baru pertama kali ikut baksos bersama FSRMY belum lama gabung di forum ini teryata asyik juga orang-orangnya gokil-gokil wkwkwk, tapi tetep cerdas dan alim, ketahuan aslinya kalo pas ada event bareng gini.

Petualangan Pertama dimulai waktu pemberangkatan. Wow Alhamdulillah jalannya sangat menakjubkan naik turun gunung dan agak rusak jalannya, pas sampai atas em Alhamdulillah  ada tantangan salah satu mobil yang kami naiki tiba-tiba terhenti  karena jalannya yang berpasir dan berbatu tapi dengan bantuan kerjasama dari temen2 mobil berhasil lolos dari tantangan pertama.

Lanjut petualangan kedua eh ternyata jalan baru diperbaiki akhirnya kita menunggu dulu agar stom alat berat bisa dipindahkan  padahal waktu itu udah siang banget sedang out bond TPA harus segera dimulai. Ha ha ha pokoknya tetap optimis bisa ke lokasi.

Alhamdulillah eh stomnya bisa dipindahkan tapi tantangan lagi buat mobil naik sangat sulit akhirnya para penumpang turun dibantu warga mendorong mobil yang keselip diantara batu dan pasir proyek,  Alhamdulillah berhasil-berhasil hore Man jada wajadda.

Seakan ketegangan langsung hilang waktu disambut oleh warga dan adek2 TPA dengan antusias dan senang gembira, Ane seakan ngerasain dah jadi keluarga saudara sama mereka. Mobil harus parkir di atas dan untuk mencapai lokasi PAUD binaan CDP (corps dakwah pedesaan ) kita harus turun lagi jalan kaki atau pakai motor. Dengan dibantu warga kita menggotong sembako dan perlengkapan menuju lokasi, pokoknya lokasnya asyik naik turun naik turun naik. Hehehe sampi terngiang-ngiang terus.

Selesai meletakkan perlengkapan kita langsung menuju masjid yang lokasinya juga lumayan hebat jalan kaki naik turun bukit kayak ninja hatori, sampai di masjid sholat dulu lanjut outbond . Ada 5 permainan di outbond kali ini dan dirancang spesial buat adek2 TPA , merasakan kembali menjadi anak2 bermain, belajar bersama banyak hikmah yang diraih sembari refreshing dari rutinitas sehari-hari.

Sampai maghrib lanjut kita sholat maghrib berjamaah dan ngaji sebentar menunggu sholat isya sekalian , kembali ke basecamp akhirnya kita bisa makan malam. Alhamdulillah dari siang saking keasyikan pada lupa kalo belum makan siang semuanya.

Pengajian akbar diisi oleh Ust.Kuncoro tentang Hikmah Qurban dengan gayanya yang gokil bahasa jawa dan gojekan ayik bikin suasana malam itu penuh hikmah dan keceriaan.

Petualangan Gunung Ijo , Baksos dan Qurban 

Hari kedua di kokap kulon progo pagi itu setelah shoat subuh berjamaah ke masjid para sahabat masjid langsung melanjutkan petualangannya mendaki gunung ijo, Perjalanan dimulai dengan berbekal 1 termos, 4 Gelas, kopi, makanan ringan, kamera, dan bendera fsrmy. Buat foto-fotonya kebetulan ane gak bawa kamera pas diatas nanti ane susulin coz dibawa ama Aga hasil fotonya.

Naik gunung berkabut bersama fsrmy adventure tadabur kebesaran Allah Swt di puncak gunung akhirnya kita tak sengaja nemu ide membuat video keren, sketsa fsrmy. Emm, pasti penasaran videonya, ditunggu ya itu kameranya Aga juga yang bawa.

Pokoknya videonya gokil abiz wkwkiw naik gunung teryata tidak mudah tidak susah juga tapi rasanya itu asyik banget, pas naik memang sangat melelahkan tapi waktu sampai puncak gunung lihat pemandangan dari atas bersama teman2 rasanya nikmat banget penuh kemenangan. Ajaib lelah tadi hilang dalam waktu sekejab terhapus oleh rasa syukur dan bahagia bisa sampai puncak gunung, Thanks kawan- kawan FSRMY yang sudah mengajakku berpetualang .


Kalo antum semua lihat suasana pas Baksos dan Qurban pasti terharu, membahagiakan sekali kita bisa berbagi dengan sesama saudara Muslim . Banyak sekali hikmah yang bisa ana dapat dari petualangan bersama kawan-kawan FSRMY kali ini yang tak bisa terungkap semua dalam tulisan ini. Ane selalu berdoa agar kawan2 yang berjuang di jalan Allah selalu dimudahkan jalannya untuk menuju surga agar sukses dunia dan akherat .

Hikmah dari ukhuwah Islamiyah, gotong royong, niat, back to masjid, hikmah Qurban, dan masih banyak lagi hikmah dari setiap kejadian, yang penting mari sahabatku kita luruskan niat kita hanya karena Allah hanya untuk ibadah.

Jangan sampai ada Riya jangan sampai amal kita sia-sia hanya karena kita salah niat , Nah buat sahabat masjid di manapun di Jogja, Indonesia seluruh dunia mari kita makmurkan masjid tercinta berjamaah akan lebih dahsyat dari pada kita sendiri-sendiri dalam berdakwah.

#BerjamaahItu Indahini kutipan dari sahabat saya di Isi Ridwan Taufik Kurniawan bunyinya begini //

Di sektor saya, saya mempunyai setidaknya 8 orang rekan dalam dakwah. 8 adalah angka yang lebih dari cukup buat mengguncang opini di satu kampus. Tapi angka yg sama juga tak berarti apa2 jika masing2 bergerak sendiri2, tiada terorganisasi. Bersendiri sebabkan upaya tidak efektif. Rasa malas cepat muncul. Maksiat mudah mengintai. Berjama’ah sebabkan hasil maksimal. Rasa berlomba raih kebaikan muncul. Maksiat sulit menggoda. #BerjamaahItuIndah

BACK TO MASJID !

oleh Rendra Visual; follow : @RendraVisual 

Jangan sia-siakan masa muda-mu

9 Jul

Sesungguhnya yang diinginkan oleh Islam adalah sebagian besar waktumu, hampir seluruh hartamu, dan segarnya masa mudamu, Islam menghendaki dirimu, seluruhnya. Islam menghendaki saat kamu bertenaga, bukan saat sudah loyo. Islam menghendaki masa mudamu, waktu kuatmu, masa perkasamu, dan bukan masa rentamu. Islam menghendaki semua yang terbaik, termulia dan teragung darimu.

Dalam sebuah hadits riwayat Abu Hurairah ra., Rasulullah saw. bersabda:
“Ada tujuh golongan manusia yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya. (1)Pemimpin yang adil,(2) Seorang pemuda yang menyibukkan dirinya dengan ibadah kepada Rabbnya, (3) Seorang yang hatinya selalu terikat pada masjid, (4) Dua orang yang saling mencintai karena Allah Subhanahu wa Ta’ala, berkumpul dan berpisah karena Allah pula, (5) Seorang lelaki yang di ajak zina oleh wanita yang kaya dan cantik tapi ia menolaknya seraya berkata ‘Aku takut kepada Allah’, (6) Seseorang yang bersedekah dengan menyembuyikannya hingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang dinfaqkan oleh tangan kanannya, serta (7) Seorang yang berzikir kepada Allah di kala sendiri hingga kedua matanya basah karena menangis.” (Shohih Bukhari, Hadits no 620)

Kaos Dakwah Keren!

16 Jun

Pengen punya kaos berkualitas secara fisik dan makna? Ini nih:

AYO DIBORONG!

BACK TO MASJID!
BACK TO BASIC!

Kaos keren penuh makna. Ayo dipesan!

PRE-ORDER!

Kain Cotton Combed 20s
Jahit Rantai
Sablon Rubber
Warna kaos Hitam

RP 58.000,-

seluruh keuntungan untuk kegiatan da’wah FSRMY

Pesan segera dengan meninggalkan komentar di sini atau hubungi nomor 089671952392.

Paling lambat tanggal 22 Juni 2012

keterangan tambahan:
Ada juga buat akhwat, harga + 5ribu rupiah.
lengan panjang + 5ribu rupiah.