Menemukan Berkah dengan Networking (1)

6 Mar

Dalam pemaknaan para usahawan tentang networking, networking menempati peranan penting untuk kemajuan bisnis. Semakin banyak network yang dimiliki perusahaan, semakin berjaya pula bisnisnya. begitu sederhananya. Lantas tahukah kau apa itu network? #BikinSimpelAja, ia tersusun dari dua bilah kata. Net dan work, jaringan dan kerja. Agar usahamu sukses, kau harus mempunyai jaringan kerja. Jika ingin lebih sukses lagi, jaringan kerjamu pun harus lebih besar.

Sore itu sungguh tak terduga. Allah berikan saya kesempatan untuk bersua dengan seorang pengusaha kaya di UGM dan kini kami berteman akrab. Ia bercerita mengenai network yang dimiliki Yahudi untuk mencengkeram dunia ini. “Sebetulnya mudah,“ katanya menjelaskan. “Bagi Yahudi untuk membuat krisis keuangan dunia, tinggal mereka gerakkan network yang dimilikinya yang ada di setiap Negara, sudah akan terjadi krisis keuangan global. Harga-harga dimahalkan, pemerintah-pemerintah disuruh membuat kebijakan yang memberatkan rakyat, kekacauan-kekacauan dimunculkan. Itu sangat mudah bagi mereka.”

Network juga yang membuat seorang pemerintah tak becus dipilih oleh rakyat. Bayangkan ini. Anda tinggal di Jogja sebagai seorang pengusaha kaya. Anda pun memiliki kawan-kawan yang sama seperti Anda, kaya dan juga bertempat tinggal di Jogja. Yang lebih menarik, ternyata Anda dan kawan-kawan Anda itulah yang hari ini mengusai wilayah Jogja. Sangat mudah membuat Jogja menjadi seperti yang Anda inginkan. Itu karena Anda dan kawan-kawan Anda punya uang. Memerintah pemerintah juga bisa. Njaluk bayar piro? Beres. Jika begini keadaannya, bisakah Anda membuat seseorang yang Anda pilih, untuk menjadi walikota Jogja pada pemilu yang akan datang? Mudah.

Cukup Anda kumpulkan kawan-kawan Anda itu dalam satu tempat. Kemudian Anda minta mereka untuk memenangkan si A di pemilu yang akan dilakukan dua tahun lagi. Di tempat itu, kira-kira ada seratus orang pengusaha dan itu adalah kawan sejati Anda semua. Duitnya turah-turah. Maka mudah sekali bukan, setiap kawan Anda memberikan trilyunan rupiah untuk kesuksesan si calon? Nah, untuk apa uang itu? Bisa saja untuk membayar tokoh-tokoh masyarakat supaya ikut menyukseskan kampanye. Membayar konser musik, membayar pentas seni, membayar merchandise, membayar bendera partai, dan lain sebagainya. Bahkan gampang bagi mereka meminta seluruh karyawan di perusahaannya untuk memilih calon itu.

Kembali pada Yahudi yang memiliki network di setiap negara. Jangankan untuk menyukseskan presiden bernama J di negara N, merusak moral manusia pun sangat mudah mereka lakukan. Bukankah mereka punya jaringan yang bergerak di industri perfilman? Tinggal mereka gerakkan jaringannya itu untuk membuat film-film berbau SARA dan pornografi, beres kan? Mereka punya relasi yang bergerak di bidang fesyen. Tak sulit juga meminta relasinya ini membuat fesyen-fesyen yang bertentangan dengan Islam. Adapun mereka punya network di bidang medis. Minta saja menciptakan virus-virus untuk merusak kesehatan masyarakat. Virus flu babi, flu burung, imunisasi, itu apa kalau bukan ciptaan manusia? Tapi sayang sekali ilmu penting yang disebut networking” justru lebih banyak diamalkan oleh orang-orang yang jahat. Sehingga wajar kalau semuanya didedikasikan untuk tindak kejahatan, Hari ini saya mengajak Anda untuk mengubah keadaan yang ada. Mari kita ubah dunia.

***

Bagi yang baru mengenal pentingnya network, mungkin dia dikejutkan dengan kenyataan bahwa semua itu tak serta-merta bisa dilakukan dengan mudah. Untuk berkenalan dengan orang lain yang sedang duduk di samping Anda saja, Anda sudah merasa sulitnya minta ampun, bagaimana pula untuk melakukan yang lebih dari itu? Itulah sebabnya di sini saya ingin berbagi tips-tips yang mungkin bisa membantu Anda untuk lebih mudah memulainya. Bagaimana agar Anda menjadi seorang remaja/pemuda masjid yang pandai dalam membangun network berskala nasional bahkan hingga global? Anda bisa memiliki jaringan tak sebatas di Indonesia saja.

…… bersambung.

 

Ditulis oleh : Yuries Saputra

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: