Pencuri Shalat

22 Jun

 

Dalam sebuah riwayat dari Abu Hurairah, bahwasannya Nabi Muhammad bersabda, “manusia yang paling buruk perbuatan mencurinya adalah yang mencuri shalatnya. Seseorang (Sahabat) bertanya,”wahai Rasulullah bagaimanakah seseorang itu mencuri shalatnya? “ yaitu tidak menyempurnakan ruku’ dan sujudnya, jawab Nabi”. ( Shahih, HR. Ibnu Hibban, lihat Shahih Al Jami’ {966, 986} )

Sesuai dengan pengertian mencuri shalat dalam hadist di atas, yang di maksud dengan mencuri shalatnya adalah seseorang yang melakukan shalat tanpa Tukmakninah. Sedangkan pengertian tukmakninah adalah ketika setiap tulang mengambil posisi masing-masing dalam shalat. Bias juga di artikan santai, tenang tidak terburu-buru.

Dalam sebuah riwayat, Nabi bersabda, “tidak ada di beri pahala shalat seseorang yang tulang belakangnya tidak diluruskan ketika ruku’(tidak tukmakninah)”. (Hasan Shahih. HR. Ahmad, Abu Dawud. Lihat shahih al jami’ {7224,7225} )

Dalam riwayat lain, Nabi bersabda,”Allah tidak akan melihat kepada seseorang yang tidak menegakkan tulang belakangnya ketika ruku’ dan sujudnya.” (Shahih. HR. Ahmad)

Dalam riwayat lain, Hudzaifah bertanya, ‘ sejak kapan kamu mengerjakan shalat seperti yang kulihat tadi (tidak tukmakninah) ? ‘sejak empat puluh tahun yang lalu,’ jawab orang itu. Lalu huzhaifah berkata,’selama empat puluh tahun ini kamu tidak shalat sama sekali, dan jika kamu mati, kamu mati di atas selain fitrah Muhammad.” (HR. Ibnu Hibban)

Bentuk-bentuk pencurian shalat ada bermacam-macam sebagaimana tertuang dalam hadis-hadis shahih berikut :

Pada hari Kiamat kelak, Allah Swt tidak akan menerima shalat seseorang yang tidak meluruskan tulang punggungnya (berdiri tegak) antara ruku’ dan sujudnya.’ (HR Ahmad dari Abu Hurairah).

Tidakkah orang yang memalingkan mukanya dalam shalat merasa cemas bahwa Allah Swt akan mengubahnya menjadi muka sesekor keledai?’ (HR Bukhari – Muslim dari Abu Hurairah).

Barang siapa shalat dua raka’at, di dalamnya ia tak berbicara sedikitpun dengan hatinya tentang soal dunia, niscaya diampuni dosa-dosanya yang lalu.’ (HR Ibnu Abi Syaibah).

Pada intinya pencurian shalat meliputi segala perilaku yang merusak kesempurnaan pelaksanaan rukun-rukun maupun syarat sahnya. Kedua hal terakhir ini dapat Anda simak kembali di buku paket Agama Islam adsik-adik SMP (yah, hitung-hitung bernostalgia masa-masa indah semasa jadi pelajar SMP dulu…).

Namun ada hal-hal lain yang juga patut diwaspadai kalau menghendaki shalat kitamabrur alias diterima oleh Rabb Azza wa Jalla sebagaimana digambarkan dalam penggalan hadis qudsi berikut :

Tidaklah Aku menerima shalat dari setiap orang. Aku hanya akan menerima shalat dari siapa yang merendah (diri) demi kebanggaan-Ku, berkhusyu’ demi keagungan-Ku, mencegah nafsunya dari segala larangan-Ku, melewatkan siang-malamnya dalam mengingat-Ku, tidak terus menerus dalam pembangkangan terhadap-Ku, tidak bersikap angkuh terhadap mahlukKu dan selalu mengasihani yang lemah dan menghibur orang miskin demi keridhoan-Ku…’ (HR Ad-Daruquthni).

Jadi, hukuman bagi pencuri shalat sesuai hadist di atas adalah:

  1. shalatnya tidak mendapatkan pahala/ shalatnya sia-sia belaka.
  2. termasuk dosa besar seseorang yang shalatnya tanpa tukmakninah.
  3. Allah tidak akan pernah melihat kita, ini berarti kita rugi.

 

Perkara shalat adalah perkara yang pertama kali akan di audit, di pertanggung jawabkan dan di hisab pertama kali. Barangsiapa shalatnya bagus maka perkara lainnya bagus.

Nabi bersabda,”Amal yang pertama kali di hisab pada hari kiamat dari seseorang hamba adalah shalatnya. Jika shalatnya baik maka telah sukses dan beruntunglah ia, sebaliknya jika rusak, sungguh telah gagal dan merugilah ia.” (Shahih. HR. Baihaqi)

 

Semoga kita segera sadar untuk memperbaiki shalat kita, BACK TO MASJID !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: