Sholatlah kawan sebelum disholatkan

18 Jun

Dulu  waktu aku kecil aku tak mengerti kenapa aku disuruh sholat yang ku tau kalo sholat dapat pahala kalo ditinggalkan aku dapat dosa. Tapi memang dari kecil hingga remaja ayah dan ibuku selalu menyuruhku untuk sholat apalagi kalo aku ikut kegitan disekolah hingga sore ataupun malah nginep pas kegiatan sekolah kalo telpon yang ditanya pertama adalah sholat.

Mungkin ini yang membuatku terbiasa untuk sholat dan misal sampai gak sholat pasti gelo setengah mati seperti ada yang kurang dihidup seperti melakukan dosa besar yang hebat sekali.

Tapi memang saat itu masih sholat hanya untuk kewajiban, kemudian meningkat karena aku belajar di Man aku baru tahu sholat tiang agama dan amalan yang pertama kali dihisap adalah sholat. walau dari kecil udah tahu selalu diceritakan ibuku kalo pas dikubur tu nanti ditanya 3 hal salah satunya sholat yang ditanyakan ama malaikat nungkar nagkir.

lagu jawa yang selalu dinyanyikan ibuq adalah tentang disurga ada 7 bidadari dan juga dineraka ada kolo jengking aku lupa liriknya tapi itu membekas sekali dalam hidupku.

lain cerita dikehidupan nyataku aku kadang merasa bingung saat aku jalan besama teman-temanku sebagian teman ada yang menyikapi sholat cuma sebagai hal yang gak penting ini beneran loh cerita nyata, Pas main  kerumah teman yang lainnya dah waktunya sholat eh terima nungin gua sholat dari pada ikut sholat ” aku sholatnya nanti aja ya gan gitu ngomongnya ntar dijamak kalo sempet, padahal dah sampai masjid  “aneh ” tapi nyata terjadi.

Misal ikut ekskul juga dah tau waktu sholat ada waktu 15 menit sebelum kegiatan terima mementingkan kegitan nya dari pada sholat dulu padahal masih ada waktu. Saat rapat , saat pelajaran , adzan kumandang hanya berhenti sejenak untuk mendengarkan seakan menghargai tapi tak bergegas menuju kemenangan, kalah deh ama setan.

Saja seakan pangilan menuju kemenangan dilupakan begitu saja ini gak cuma satu dua banyak temanku yang kayak gini kadang aku merasa kasihan tak ajak tapi binggung juga gak ada yang mau kadang-kadang jarena gaulnya salah eh aku juga jadi ikut-ikutan molor sholat eh nanti dulu nanggung gitu deh .

Yang bikin geleng-geleng dulu ada ustadz yang ngisi PHBI  di aula sekolahku ditanya siapa yang tadi pagi gak sholat subuh hayoo angkat tangan, pertama sih tanyaya gini bohong itu dosa atau ngak kalo hak mau dosa hayoo jawab .

Wuihhh hampir 50 % bro angkat tangan habis itu mereka disuruh sholat saat itu juga subuh  malah pada plongo apa boleh tanpa dosa tanpa rasa bersalah . Banyak anget remaja zaman sekarang dah kesiangan gak sholat lagi parah parah dan parah ini PR kita gimana calon pemimpin mau bener kalo generasinya bibitnya udah kayak gini.

Saling mengiatkan kawan bahwa sholat itu mencegah bisa  perbuatan keji dan mungkar nah kalo sholat nya bener bener juga amalan yang lainnya . Nih ya saking wajibnya sholat kalo kita lagi sakit gak bisa berdiri boleh duduk, kalo misal gak ada air suruh tayamum, msal duduk gak bisa suruh berbaring, kalo mati juga harus disolatkan .

Hayo mau sholat sendiri atau disholatkan nih gan, oh iya biar sholat itu penuh arti dan merasuk ke kalbu kata ayahku kita harus tau artinya dan merasa diawasi sekaligus mengingat mati cobain deh pahami artinya pasti nyaman dan indah sekali.

 FREE DOWNLOAD KEUTAMAAN SHOLAT

Kedudukan istimewa Sholat dalam Agama:
Sholat merupakan tiang agama
Sholat adalah rukun Islam yang kedua
Sholat merupakan ibadah yang kali pertama di wajibkan Allah swt
Sholat adalah ibadah yang kali pertama di hisab pada hari akhir kelak
Sholat merupakan hal terkhir yang diwasiatkan Rosulullah swas kepada umatnya
Sholat merupakan kunci surga
Sholat sebagai sarana penghubung antara hamba dan Tuhannya
Sholat merupakan cahaya penerang kalbu orang mukmin
Sholat merupakan batasan yang memisahkan seseorang dengan kekufuran

Manfaat dan keutamaan Sholat Subuh:

DISAKSIKAN LANGSUNG OLEH MALAIKAT.
Allah swt berfirman dalam QS. Al Isra’(17):78, yang artinya ; dan (dirikanlah pula Sholat) subuh. Sesungguhnya Sholat Subuh itu disaksikan (oleh para malaikat)”

MANIFESTASI KEMENANGAN MELAWAN SYETAN.
Rosulullah saw bersabda, “Syetan mengikat tengkuk kepala kalian saat tidur dengan tiga ikatan.
Pada setiap ikatan syetan membisikkan,’tidurlah! Malam masih panjang’. Apabila ia bangun lalu berdzikir (berdoa) kepada Allah swt, maka terlepaslah ikatan pertama. Apabila ia berwudlu, maka lepaslah ikatan kedua. Kemudian apabila ia Sholat, maka lepaslah ikatan ketiga.Sehingga pagi itu ia menjadi semangat. Tetapi kalau ia tidak bangun , maka pagi itu jiwanya menjadi terpuruk dan malas” (HR Bukhori dan Muslim).

TERBEBAS DARI KENCING SYETAN. 
Rosulullah bersabda,”Syetan mengencingi telinga seseorang yang terlelap tidur sampai pagi hari sehingga ia tidak melaksanakan sholat” (HR Bukhari)

MENDAPATKAN PAHALA LAKSANA SHOLAT SATU MALAM. 
Rosulullah saw bersabda,”siapa saja yang sholat isya’ berjama’ah , maka seakan-akan dia telah sholat setengah malamm dan barang siapa yang sholat subuh berjama’ah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan sholat malam semalam suntuk (HR Bukhari)

MENDAPATKAN KILAUAN CAHAYA YANG TERANG PADA HARI KIAMAT. 
Rosulullah saw bersabda,”berikanlah kabar gembira kepada orang-orang yang berjalan dalam kegelapan menuju masjid-masjid dengan cahaya yang terang benderang pada hari kiamat.” (HR Abu Daud, Tirmidzi dan Ibnu Majah)

DOSA-DOSA DIAMPUNI. 
Diriwayatkan dari bapaknya Sahl bin Mu’adz bin anas al-juhani, ia berkata,”Rosulullah saw, bersabda, “siapa saja tetap duduk di Musholla, setelah melaksanakan dua rakaat sholat subuh sampai ia melaksanakan sholat dhuha, dan ia tiak berucap kecuali yang baik, maka dosa-dosanya akan diampuni Allah swt, walaupun dosanya itu lebih banyak dari buih di lautan.” (HR Abu Daud)

DISELAMATKAN DARI PANAS API NERAKA. 
Rosulullah saw bersabda,”tidak akan masuk neraka, orang yang menegakkan sholat sebelum matahari terbit (subuh) dan sholat sebelum matahari terbenam (Ashar)” (HR Muslim dan Ahmad)

KABAR GEMBIRA DAN JAMINAN MASUK SURGA.
Rosulullah SAW bersabda,”barang siapa sholat dua waktu yang dingin (subuh dan Isya’), niscaya ia akan masuk surga” (HR Bukhari)

RIZKINYA DILAPANGKAN ALLAH SWT.
“Pada suatu saat, setelah Rosulullah saw, melaksanakan Sholat subuh, ia pulang dan mendapati Fatimah, putrinya masih tertidur. Lalu beliau membalikkan tubuh fatimah seraya berkata,’Hai Fatimah, bangunlah dan saksikan rizki dari Tuhanmu, karena Allah swt membagi rezeki hamba-hamba-Nya diantara sholat Subuh hingga terbit matahari.” (HR. Al-Mundziri, no.2747)

MENDAPATKAN PERLINDUNGAN ALLAH SWT
Rosulullah saw bersabda,”siapa saja yang menunaikan Sholat Subuh, amak ia berada dalam lindungan Allah swt. Maka janganlah sampai Allah swt. menarik kembali jaminan-Nya kepada kalian dengan sebab apapun. Karena siapa saja yang jaminannya telah dicabut oleh-Nya dengan sebab apapun, maka jaminan itu akan tercabut. Kemudia Allah swt akan melemparkannya ke neraka jahanam”. (HR Muslim, Tirmidzi, dan Ibnu Majah)

MENDAPATKAN KEBERKAHAN DARI ALLAH SWT

Pada suatu saat Rosulullah saw bersabda, seraya berdoa, “Ya Allah swt. Berkahilah umatku pada pagi hari mereka” (HR Abu Daud, Tirmidzi, Ahmad dan Ibnu Majah)

l. MENDAPATKAN PAHALA YANG SEPADAN HAJI DAN UMROH
Rosulullah saw, bersabda,”Barang siapa menunaikan Sholat Subuh berjama’ah, kemudian duduk berdzikir kepada Allah swt, hingga terbit matahari, kemudia sholat dua raka’at (Dhuha), maka baginya seperti pahala haji dan umroh secara sempurna…sempurna…sempurna” (HR Tirmidzi).

Rosulullah saw bersabda,”Batas antara kita dengan orang-orang munafik adalah menegakkan sholat Isya’ dan subuh, sebab orang-orang munafik tidak sanggup menegakkan kedua sholat itu. (HR. Malik, no.268)

Sucikan Niat. Niatkan dalam hati kita akan bangun sebelum adzan subuh dikumandangkan. Dan niatkan itu karena Allah swt mengabulkan dan membangunkan kita pada waktu yang kita minta.
Hindari Dosa dan maksiat, segera bertaubat
Ukur pola makan dan atur pola tidur dengan baik
Yakinkan diri bisa bangun dengan alat pengingat

Rasulullah bersabda : “Kunci surga adalah Sholat, dan kunci Sholat adalah wudhu” (HR Tirmidzi)

Download lagu sholat dari Awan nasyid (ANN) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: